Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Mengadopsi Partai Buruh Sosialis (PSOE) Spanyol - AceHoe- Live. co

AceHoe- Live. co

Blog Informasi terpilih khusus rakyat Aceh, Nasional Serta Dunia Internasional

test banner

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Wednesday, July 5, 2017

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Mengadopsi Partai Buruh Sosialis (PSOE) Spanyol


Logo Partai PSO dan PSI 

Jakarta  - Dalam 2 tahun ini perpolitikan Indonesia mendapat kabar baik dimana telah lahir sebuah partai baru yaitu bernama Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dimana partai PSI ini dikhususkan untuk wadah Perpolitikan anak muda serta Perempuan Indonesia agar berperan aktif berpolitik. Partai ini juga telah diverifikasi oleh kemenkumham sebagai partai politik yang siap bertarung pemilu di tahun 2019 mendatang. Namun Partai PSI ini memiliki kesamaan dengan partai PSOE di Negeri Matador Spanyol, Apa sih PSOE itu.? [06/07/17]

PSOE membentuk pemerintah di Spanyol yang demokratis antara tahun 1982 dan 1996, dan antara tahun 2004 dan 2011. Ini adalah partai politik tertua dalam sejarah Spanyol.

Partai tersebut, di bawah pimpinan Felipe González, membentuk sebuah pemerintahan mayoritas setelah kemenangannya dalam pemilihan umum 1982 dan tetap berkuasa sampai pemilihan tahun 1993. Partai tersebut kemudian membentuk pemerintah minoritas sampai tahun 1996. PSOE memiliki hubungan yang kuat dengan Serikat Pekerja Umum (UGT), sebuah serikat pekerja Spanyol. Selama beberapa dasawarsa, keanggotaan UGT adalah persyaratan keanggotaan PSOE. Namun, sejak tahun 1980an, UGT sering mengkritik kebijakan ekonomi PSOE, bahkan menyerukan pemogokan umum pada tanggal 14 Desember 1988. 

PSOE terakhir berkuasa antara pemilihan umum tahun 2004 dan 2011, dengan José Luis Rodríguez Zapatero menjabat sebagai pemimpin pemerintah. PSOE adalah anggota Partai Sosialis Eropa, Progresif Aliansi dan Sosialis Internasional. [8] Di Parlemen Eropa, 14 anggota Parlemen Eropa PSOE (MEP) duduk di kelompok parlemen Eropa Sosialis dan Demokrat (S & D).

Spanyol(Spanyol: Partido Socialista Obrero Español) adalah sebuah partai politik di Spanyol. Partai ini didirikan pada tahun 1879 dan merupakan partai kedua tertua di Spanyol.

Pada tahun 2004, José Luis Rodríguez Zapatero dari partai ini memenangkan pemilu legislatif. Presiden partai ini adalah Manuel Chaves González.

Ideologi PSOE

PSOE didirikan dengan tujuan untuk mewakili dan membela kepentingan kelas pekerja yang terbentuk selama Revolusi Industri di abad 19. [rujukan?] Pada permulaannya, tujuan utama PSOE adalah untuk membela hak-hak pekerja dan pencapaian cita-cita Sosialisme, muncul dari filsafat kontemporer dan politik Marxis, dengan mengamankan kekuatan politik untuk kelas pekerja dan mensosialisasikan alat-alat produksi untuk membangun kediktatoran kaum proletar dalam transisi ke masyarakat sosialis. Ideologi Partai Pekerja Sosialis Spanyol telah berkembang sepanjang abad ke-20 sesuai dengan peristiwa sejarah yang relevan dan evolusi masyarakat Spanyol.

Pada tahun 1979 partai tersebut meninggalkan tesis Marxis definitifnya di tangan sekretaris jenderal Felipe González, sebelum menanggulangi ketegangan dan dua kongres yang besar, yang pertama lebih memilih untuk mempertahankan Marxisme. Sebelum situasi ini, pemimpin internal terkemuka seperti Pablo Castellano atau Luis Gómez Llorente mendirikan faksi internal kaum Sosialis Kiri, yang termasuk militan yang tidak akan meninggalkan Marxisme. Ini memungkinkan konsolidasi kekuatan kiri di PSOE. Sejak saat ini, beragam peristiwa baik di luar maupun di dalam partai menyebabkan proyek-proyek serupa dengan partai sosial demokrat Eropa lainnya dan penerimaan pertahanan ekonomi pasar.

Saat ini, PSOE mendefinisikan dirinya sebagai "sosial demokratis, kiri-tengah dan progresif". Mengenai model teritorial wilayahnya, PSOE mendukung federalisme asimetris. [9] Hal ini dikelompokkan dengan sosialis self-style lainnya, demokrat sosial dan partai buruh di Partai Sosialis Eropa.

Sejarah awal (1879-1974)

PSOE didirikan pada tanggal 2 Mei 1879 di Casa Labra Pub (kota Madrid) oleh pemimpin pekerja Spanyol yang historis, Pablo Iglesias. [8] Program pertama partai politik baru disahkan di sebuah majelis yang terdiri dari 40 orang, pada tanggal 20 Juli pada tahun yang sama. Meskipun PSOE agak lemah pada akhir abad ke-19, partisipasi aktifnya dalam pemogokan dari tahun 1899 sampai 1902 dan terutama koalisi pemilihannya dengan partai-partai Republikan utama memimpin pada tahun 1910 untuk pemilihan Pablo Iglesias sebagai perwakilan Sosialis pertama di Cortes Spanyol.

Partai tersebut adalah anggota Partai Buruh dan Sosialis Internasional antara tahun 1923 dan 1940.

PSOE merupakan bagian dari Pemerintah Spanyol selama Republik Spanyol Kedua dan sebagai bagian dari Front Populer Spanyol, yang terpilih untuk pemerintahan pada bulan Februari 1936. Selama masa perang saudara, PSOE dibagi menjadi tiga sayap: sayap Marxis revolusioner kiri, yang dipimpin oleh Francisco Largo Caballero yang menganjurkan kediktatoran proletariat, nasionalisasi setiap industri, dan redistribusi total tanah; Sebuah faksi demokratis moderat yang dipimpin oleh Indalecio Prieto; Dan seorang reformis, dipimpin oleh Julian Besteiro. [11]

Diktator Francisco Franco melarang PSOE pada tahun 1939, dan partai tersebut disahkan lagi pada tahun 1977. Selama anggota pemerintahan Franco PSOE dianiaya, dengan banyak pemimpin, anggota dan pendukung dipenjara atau diasingkan dan bahkan dieksekusi.

Awal Partai Solidaritas Indonesia (PSI)

Partai Solidaritas Indonesia (disingkat PSI) adalah partai politik di Indonesia yang baru didirikan pasca Pemilu tahun 2014. Partai ini diketuai oleh mantan presenter berita Grace Natalie. Partai ini cenderung mengambil target partisipan kalangan anak muda, perempuan dan lintas agama.[1] Tokoh-tokoh partai ini banyak mengajak warga negara muda untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan politik. Sebagai contoh adalah dalam perayaan HUT Republik Indonesia yang ke-70 (pada Agustus 2015) dan Pemilu Kepala Daerah serentak (pada Desember 2015). Tokoh-tokoh partai ini menggunakan media sosial Twitter dan Facebook secara aktif untuk mengajak warga muda dalam berpartisipasi dalam kegiatan politik. Sebagai contoh adalah dengan menciptakan hash tagpada jejaring sosial seperti #Merdeka100Persen saat HUT RI ke 70 dan #KepoinPilkada saat Pilkada serentak pada Desember 2015 yang lalu.

Partai ini telah menyelenggarakan Kopi Darat Nasional (KopDarNas) yang bertempat di Jakarta pada tanggal 16 November 2015.

Partai ini membawa platform tentang solidaritas, pluralitas beragama, suku, dan bangsa. Partai ini mengklaim akan mengisi tokoh-tokoh partai dengan anak muda dan tidak ingin adanya "bekas" politisi partai lain yang memasuki partai ini. Ada aturan bahwa pengurus partai dibatasi maksimal 45 tahun, dan saat ini pengurus daerah rata-rata berumur 20-30 tahun. Selain itu Partai ini tidak mau bertumpu kepada seorang tokoh untuk mengangkat nama partai, seperti partai politik lain kebanyakan. Partai ini juga mengklaim transparansi sumbangan finansial, khususnya memisahkan pengaruh bisnis dari operasional partai.

Partai ini resmi menjadi Badan Hukum setelah melalui verifikasi Kementerian Hukum dan HAM pada tanggal 7 Oktober 2016. Partai ini jadi satu-satunya Partai baru yang lolos seleksi badan hukum pasca Pilpres 2014.

Grace mengakui memang ada kesamaan nama antara PSI Sjahrir dan partai yang baru ia dirikan ini. Namun sekali lagi, dia tegaskan bahwa partai ini berbeda dengan milik Sjahrir yang berideologi sosialis itu. Dia pun tak takut jika PSI nantinya diidentikan dengan PSI Sjahrir yang dibubarkan oleh Soekarno tahun 1960. Merdeka.com [27/03]

Namun ternyata partai dan logo PSI ini memiliki kemiripan dengan partai lainnya yaitu partai PSOE berasal dari negeri matador (Spanyol) yang berhaluan Buruh Sosialis juga.


Sumber :

https://www.merdeka.com/politik/grace-natalie-tegaskan-psi-beda-dengan-partai-milik-sutan-sjahrir.html

https://en.m.wikipedia.org/wiki/Spanish_Socialist_Workers%27_Party

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Partai_Solidaritas_Indonesia

3 comments:

  1. Lalu apakah menjadi suatu kesalahan ketika manusia memiliki cita cita untuk menciptakan dunia tanpa adanya penindasan , tanpa adanya exploitation der i homme par i homme , tanpa adanya eksploitasi penindasan manusia atas manusia lainnya, karena itu semua yg dicitakan dari sosialisme

    ReplyDelete
  2. PSoE itu memakai paha marxis yang tak lain adalah paha komunisme modern. Ini Bahayaa bahaya bahayaa

    ReplyDelete
  3. memang banyak partai dengan ide-ide baru dan berbeda

    ReplyDelete

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here